Skip to main content

PERJUANGAN BISA MASUK PKN STAN (TIPS DAN TRIK)

PERJUANGAN BISA MASUK PKN STAN

Gimana sih caranya biar bisa lolos jadi mahasiswa PKN STAN?
Apa sih tips dan triknya?
Gimana teknis pelaksanaan tahap pertama?

Halo adek adek dan kawan kawan semua. Disini gue bakalan nyeritain gimana perjuangan gue bisa lolos USM PKN STAN.
Kak, apa sih USM itu?
Nah bagi yang belum tahu, gue jelasin ya. Jadi, USM itu kepanjangannya Ujian Saringan Masuk. Di USM itu ada 3 tahap, tahap pertama itu tes tertulis. Terdiri dari 120 soal TPA (Tes Potensi Akademik) sama 60 soal TBI (Tes Bahasa Inggris) yang harus dikerjain dalam waktu 150 menit. 100 menit buat TPA, 50 menitnya buat TBI. Tahap kedua itu TKK (Tes Kesehatan dan Kebugaran), tes kesehatan ya biasa lah kaya ditimbang berat badannya berapa sama tinggi badannya berapa, dll. Gue punya kejadian memalukan pas tes kesehatan L malu banget sumpah sampe pada ngetawain. Penasaran? Tunggu cerita selanjutnya ya. Ini mau bahas perjuangan gue dulu dari sebelum USM sampai D-Day tes tahap pertama yaaa...
Trus tes tahap 3 itu tes terakhir. Yang udah niat banget masuk PKN STAN pasti udah pada tahu. Yap! TKD atau Tes Kemampuan Dasar! Itu tes CPNS gitulah. Soalnya terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum sama Tes Kepribadian. Ngerjainnya di komputer dan ntar setelah waktunya habis bakalan langsung tahu kamu nilainya berapa dan lulus apa enggak. Lulus disini maksudnya diatas nilai mati ya ;)
Kak, kok bisa lolos PKN STAN sih?
Yang namanya meraih impian itu pasti diawali dengan niat, dan tentunya usaha. Ga ada hasil yang bisa didapet secara instan. Apalagi gue ini orangnya ga pinter, jadi musti banyak banyak usaha sampe titik darah penghabisan *oke ini lebay.
Awalnya gue gatau PKN STAN itu apa, trus karena ada sosialisasi gitu gue jadi tahu dan tertarik buat masuk ke PKN STAN. Tapi dari tahun ke tahun peminatnya banyak banget broo.. tahun ku kemarin itu pendaftarnya 130ribuaan dan yang diambil cuman 6961! Kebayang ga tu seberat apa persaingannya? Minder pasti iya awalnya, tapi kalau udah mateng persiapannya kenapa minder? Optimis lah.
Gue awalnya iseng ikutan try out gitu di Solo. Berangkat bareng temen-temen, dianterin Bapaknya temenku jam setengah 6 udah berangkat. Padahal ya biasanya jam segitu tuh berat banget buat bangun dan itu di hari Minggu lagi, biasanya juga masih bergelung didalem selimut. Hmm yaudahlah demi impian apa sih yang enggak.
Udah sampe sana, regis ulang trus duduk di bangku masing-masing yang udah ditentuin. Gue duduk di tribunn, nunggu mau ngerjain lama banget, biasa ada sambutan-sambutan gitu lah. Habis itu dibagiin soalnya, dan dibagian gue dapet soal paling terakhir! Padahal waktu udah berjalan 15an menit. Gue kzl banget karena yang lain udah pada ngerjain. Nggak good banget panitianya. Habis udah dapet gue langsung cus ngerjain dan ebuset! Apa ini banyak banget soalnya dan kan ada TPA 120 soal dan TBI 60 soal tuh. Yang TPA gue cuman bisa ngerjain 60an doang, cuman setengahnya dan itupun gak mesti bener semua -_- disitu gue mau nangis, soalnya udah susah, waktunya dikit doang lagi. Yang TBI makin ga ngerti karena gue ga jago bahasa inggris T.T dan habis waktunya selesai gue kek : susah banget ya ngejar masa depan. Soalnya sebegini susahnya. Karena gue dulu engga belajar sama sekali, pun ga ngerti soal-soalnya kaya apa. Jadi habis try out itu gue bertekad musti beli buku dan belajar habis-habisan pokoknya.
Demi masuk PKN STAN yang kuliahnya gratis tis dan setelah lulus langsung kerja! Enak banget kan! Padahal jaman sekarang itu nyari kerja susah banget, makanya gue kepengin banget masuk sini. Sampe nempelin stiker PKN STAN dimana mana, wallpaper hp nya logo PKN STAN, nempelin quotes dan handlettering di tembok kamar PKN STAN. Ya sesederhana itu penyemangat gue. Jadi tiap mau tidur, bangun tidur lihatnya PKN STAN terus. Dengan impian nantinya suatu saat gue bisa masuk ke kampus impian pake kalung kebanggaan. Eaaa
Seminggu habis try out itu pengumuman nilainya berapa. Tapi gue ga liat karena musti dateng ke tempat pendaftaran. Jauh dari rumah gue, jadi males. Lagian udah dikasih kunci nya, jadi gue habis TO nyocokin sendiri jawaban gue sama kunjaw nya. Dan pas gue itung TPA gue bener 48 dan TBInya bener 27. Alhamdulillah udah lolos nilai mati, tapi kok ya mepet banget hmm.. mungkinkah dengan score segitu gue bisa lolos ngalahin ratusan rNyokap orang? Itu jadi PR tersendiri buat gue..
Dari situ gue bertekad, gue bakalan rajin ngerjain soal yang ada di buku trus target gue, scorenya bakalan naik terus tiap try out. Jadi nih, gue ngadain try out mandiri gitu di rumah. Waktunya gue set kayak USM beneran, ngerjain soal di buku trus gue cocokin sama kunjawnya pas uda selesai. Ya alhamdulillah ada yang naik scorenya, tapi ada juga yang turun. Ya realita kan ga selalu sama kaya ekpektasi kita kan, but at least kita udah usaha mah ga papa.
Jadi intinya jangan males-malesan. Gunakan waktu sebaik-baiknya, main boleh tapi dikit aja. Ya kita emang butuh refreshing dikit lah. Tapi sebagai anak kelas 12, saatnya prihatin ya adek-adek. Selangkah lagi itu menentukan masa depan kalian 50 tahun yang akan datang. Jadi jangan sampe nyesel kalau ga keterima di kampus impian, jangan sampe nyesel kenapa dulu gue nggak gunain waktu gue buat belajar. Jangan sampe.
Trus gue itu selalu bawa buku latsol nya ke sekolah, karena kadang ada jam kosong gitu gue gunain buat ngerjain soalnya. Trus kadang pas istirahat gue kadang ngerjain kalau ga lagi laper atau lagi males ke kantin. Ya berhubung gue bukan anak pinter kaya yang lain, jadi gue harus rajin banget. Intinya kan gue tertinggal gitu dari temen lain yang pinter, jadi gimana caranya gue ngejar ketertinggalan itu? Ya mau ga mau gue harus usaha lebih keras dari mereka.
Seseorang bilang ke gue (bukan pacar gue btw -_- kan gue jomblo -_-) : lo ga pinter ga masalah, asal lo rajin aja. Kalau lo rajin, lo bisa aja selangkah di depan dia yang pinter.
Ibaratnya ya, kalau orang masih tidur, lo harus udah bangun duluan. Kalau orang lain masih mandi, lo udah harus berangkat. Kaya gitu lah perumpamaannya. JADILAH RAJIN! Itu aja. Jadi jangan males malesan lah. Dibiasakan mulai dari sekarang karena dunia perkuliahan akan menuntut kalian lebih rajin dek!
Jadi gue beli bukunya lah trus gue liat liat dulu soal-soalnya, banyak banget. Ada beberapa paket yang mesti gue kerjain. Okelah. Gue katam-in itu buku sampe pernah gue rasa mau muntah saking ambisnya gue ngerjain soal. Beneran ini gue ga boong. Yakali sehari try out dua kali? Dengan soal segitu banyak dalam waktu yang ga banyak. Tapi, prinsip gue mah kaya peribahasa : mendingan bersakit sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian. Dan itu kejadian bro.
Gue emang kesiksa banget tiap hari ngerjain soalll mulu, ditambah masih ada beban tugas lah, pr lah, apalah di sekolah. Tapi apa yang lo lguein sekarang bakalan kebayar suatu saat. Catet aja! Kalau udah takdirnya begitu, pasti bakalan dapet kok. Allah ngasih apa yang kamu butuhkan dek.. Allah ngasih apa yang terbaik buat kalian nantinya. Kita emang ga tau takdir kita macem apa, but yang penting USAHA! Dan DOA!
Kak, pas hari-H tes tertulis gimana?
Nah, gue berangkat dari rumah Om gue yang lumayan deket dari Universitas Sanata Dharma. Gue daftarnya di Jogja btw. Dan fyi, kan yang daftar di Jogja itu banyakkk banget. Jadi kita tesnya di pencar di univ-univ yang ada dijogja gitu. Dan gue dapetnya di Universitas Sanata Dharma. Sampe sana itu udah ramee banget. Dan gue sempet salah ruangan, bingung ruangannya dimana sampe nanya berkali-kali sama Nyokap. Dan ternyata gue dapet di lantai 2, kebetulan ketemu cowok gitu *cogan loh* yang ruangannya sama. Jadilah gue bareng sama dia *dia bareng Nyokapnya juga* lahh udah kaya besanan gitu *plak*. Karena waktunya belum mulai, jadi ya belum boleh masuk ruangannya. Gue sama Nyokap gue duduk di luar, gue belajar dulu dari buku yang udah gue katam-in tadi. Nyokap gue yang paling deg-degan disini. Nyokap gue nyuruh gue ke toilet dulu, minum dulu, makan roti dulu, gitulah. Jadi yang berjuang disini bukan cuman kalian doang dek, tapi orang tua kalian juga. Itu jadi motivasi banget buat gue, karena gue gamau bikin orang tua gue kecewa.
10 menit sebelum masuk, gue mulai deg-degan sampe keringet dingin. Nyokap gue ngasih support, trus biasa gue dicium dulu, sama dipeluk sama Nyokap gue. Itu jadi kekuatan terbesar gue. Eh tapi justru bertambah beban gue, karena takut gimana kalau nantinya gue gagal. Pasti yang paling sedih itu Nyokap. Makanya trus gue masuk ruangan dengan sok percaya diri. Padahal disitu banyak banget orangnya, tapi gue berusaha optimis. Gue mengingat-ingat, nggak ada yang ketinggalan kan ya. BPU udah, pensil udah, penghapus udah, oke sip, jiwa raga gue pun udah, nyali? Entah gue tinggal dimana.
Pas udah pada masuk, eh ada beberapa bangku yang kosong! Mungkin mereka mengundurkan diri apa gimana, apa mungkin mentalnya ilang kaya gue yang sok PD ini? Gue aja masih tetep dateng loh, ah payah kalian, kalah sebelum berperang. Jadi nanti kalian jangan kaya gitu ya adek-adek. Yang penting berusaha dulu, masalah hasil mah serahkan sama Allah.
Oh ya, kita gaboleh bawa jam tangan ya adek-adek! Diruangannya pun gada jam dinding sama sekali. Jadi waktu itu diberitahukan oleh panitia pengawasnya. Kurang berapa menit gitu. Ga boleh bawa kalkulator so pasti, gaboleh bawa apapun contekan, hape tentu aja gaboleh lah. Yaiyalah, di kampus PKN STAN itu menjunjung tinggi integritas dek, ketauan nyontek langsung di Drop Out. Jadi mulai sekarang jangan dibiasakan nyontek ya, itu ga baik buat kalian. Kalau kalian masih aja suka nyontek, atau berbuat curang gitu, kalian bakalan rasain akibatnya pas kuliah dan dimasa depan ketika kalian kerja.
Sebelum pertempuran dimulai, ada petugas yang meriksa pake alat pendeteksi itu lho apa namanya—norak gue. Pokoknya yang mendeteksi kalau kalau ada kecurangan gitu. Trus panitia yang jaga juga muter ngraba-ngraba telinga siapa tau ada headset trus cewek yang berhijab disuruh gulung lengan baju sampe siku. Pokoknya bener bener ketat deh. Fyi, itu cuman di univ gue, karena gue tanya tanya sama temen yang lain katanya ga seketat itu, malah ga dicek sama sekali. Trus katanya pun panitia mereka ramah-ramah. Lha gue? Pengawasnya muter bolak balik di sebelah gue. Ya good lah, pengawasnya! Salut banget gue, gue malah gasuka sama pengawas yang malah ngrumpi gitu atau malah main hape. Oke udah.
Habis itu kita dikasih waktu beberapa menit buat yang mau ke toilet. Gue udah ke toilet untungnya, jadi waktu itu gue gunain buat berdoa. Pas udah dibagiin soalnya gue menghela napas, berdoa semoga apa yang gue kerjain selama ini terbayar hari ini. Berharap soalnya gampang dan gue kuasain. Jadi soalnya itu ada dua, TPA sama TbI. 100 menit pertama kita kerjain TPA dulu, yang soal TBI ditaruh dibawah, gak boleh diotak atik, meskipun kita udah selesai ngerjain TPA misalnya dan waktu TPA belum habis, kita gaboleh ngerjain TBI atau kalian mungkin bakal di diskualifikasi.
Mending kalau sisa waktu, buat ngoreksi lah atau nebelin bulatan. Tapi pada kenyataannya gue ga pernah kelar ngerjain TPA ke semuanya, waktu itu gue ngerjain 96 doang, udah mentok otak ini. Trus pas udah ada peringatan ganti soal TBI, yang soal TPA ditaruh dibawah, dan ga boleh diotak atik lagi. 50 menit untuk 60 soal TBI, okelah, pas gue lihat lembaran pertama, loh kok gampang banget tumben, ga kaya soal soal yang gue kerjain biasanya, biasanya susah sob. Dan waktu itu gue ngerjainnya cepet banget, gue senyam senyum sendiri karena ternyata ga sesusah yang gue bayangin, ya karna gue udah mateng persiapannya *bukan sombong ya, buat motivasi aja kalau persiapan kalian udah mateng, pasti kalian bakalan ngerasain apa yang gue rasain*.
Lanjut, bagian error recognition okelah, gue bisa karena sering ngerjain juga kan. Nah yang paling lemot itu di reading comprehension gue, disitu gue baca soal soalnya dulu baru baca teksnya. Teksnya lumayan panjang, but it’s okay lah, dibikin happy aja. Nah di TbI gue punya sisa waktu lumayan lah, gue gatau berapa karena ga boleh bawa jam tangan bro. Nah sisa waktu itu gue buat nebelin jawaban yang belum hitam banget, takut gak ke scan wkwk. Pas waktu diumumin kurang 5 menit gue udah selesai kan, gue berdoa aja, doa, doa, doa, pokoknya gue harus lolos di tahap ini, ini bahkan baru tahap pertama. Yakali gue udah mateng gini persiapannya, tapi ga lolos? Apa kata orang tua gue nanti? Apa reaksi orang tua gue nanti? Pasti mereka bakalan kecewa. Itu kedoktrin terus di otak gue.
Pas waktu udah selesai, semua pensil di letakkan, gue langsung letakkin gitu aja. Trus gue nglirik jawaban sebelah sebelah gue, eh gila masa ada cowok di sebelah gue yang TPA kejawab semua. Gue mulai deg degan pas itu, eh tapi bisa aja kan dia ngawur? Alah nethink banget gue, jangan ditiru ya.. tapi ada juga temen kenalan gue cewek, dia jawab dikit, yang bagian kanan kosong. Tapi di waktu pengumuman dia lolos lho! Yang jawab semua itu malah ga lolos, ya gue sempet liat nomor BPU nya sob! Ya gimana ya, yang penting pokoknya kerjain yang kamu bisa, kalau bisa ya sebanyak banyaknya. Jangan ngawur tapi, karena scorenya dikurangin. Itu semua tergantung kalian sih.
Tapi semua sih kembali ke kalian gimana taktik kalian, kalau tipsku sih. Yang bagian TPA, kerjain dulu yang gampang gampang. Yang kaya sinonim antonim (no 1-35) kerjain dulu, trus kerjain yang mengambil kesimpulan itu lho yang nomor 80an kalau ga salah, gue lupa maap. Baru habis itu kerjain yang itung-itungan. Menurut gue itu cara yang paling efektif. Buat gue ya itu. Gatau kalau kalian nanti gimana, tiap orang punya cara tersendiri soalnya.
Pas udah boleh keluar ruangan, Nyokap gue udah nunggu didepan bareng Nyokapnya cogan tadi. *eh. Gue langsung meluk Nyokap gue sambil senyam senyum. Nyokap gue cuman heran aja. Trus Nyokap gue tanya gimana tadi soalnya? Gue jawab aja : alhamdulillah gampang bu, sama kayak soal soal yang ku kerjain. Nah kata Nyokapnya cogan tadi, si cogan jawab katanya susah. Gue sih optimis gue bakal lolos. Ya lihat aja pas pengumuman nanti. *ceileh berharapnya sih si cogan bisa lolos juga, biar bisa ketemu lagi wkwk *abaikan
Gue lupa pengumumannya tanggal berapa, dan saat itu ada temen yang ngeshare di grup, gue belum sempet lihat, baru perjuangan download file pengumumannya, filenya ukurannya gede, dan rumah gue sinyalnya belum 4G guys ;( plosok emang. Di grup udah rame bahas siapa yang lolos, banyak dari sekolah gue yang lolos dan gada yang nyebut nama gue sama sekali. Makin takut lah gue. Gue udah nyoba download filenya 3 kali tapi gagal terus, akhirnya untuk yang keempat kalinya gue nyoba download akhirnya berhasil. Gue berdoa dulu sebelum buka hasilnya, dan gue searching nama gue, ALHAMDULILLAH YA ALLAH. Akhirnya gue lolos. Gue langsung teriak teriak gaje gitulah, trus bilang ke ortu gue kalau gue lolos. Ortu gue bilang, jangan seneng dulu karena emang itu baru tahap pertama, masih ada tahap kedua dan ketiga!
Buat tahap duanya, yaitu TKK, gue bakalan share juga perjuangan gue buat tahap dua itu dan gimana teknis pelaksanaannya. Inshaallah gue bakalan posting nanti kalau kalain habis melewati tahap pertama. Gue ga janji tapi.
Yang semangat ya! Jangan males-malesan, PKN STAN ga butuh orang yang males, apalagi yang jago nyontek! NGGAK! Mulai dari sekarang kalau kalian belum memulai sama sekali, yang masuk di PKN STAN itu ga harus pinter, tapi yang penting kalian rajin. Udah itu aja.
Gue doain kalian bener bener niat dan usaha keras ya, gue tunggu di Kampus PKN STAN tercinta ;) nanti biar bisa foto bareng di air mancur wkwk

Good luck ;)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH ANALISIS SWOT PADA DIRI SENDIRI

ANALISIS SWOT PADA DIRI SENDIRI   Analisis SWOT merupakan salah satu analisis tentang factor internal dan eksternal pada saat ini secara deskriftif agar dapat menghadapi semua tantangan dan ancaman di masa yang akan datang serta dapat mempersiapkan diri untuk menyesuaikan perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi pencapaian harapan dan keinginan. SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities dan Treat. 1.       S trengths Adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang, organisasi, atau sebuah program saat ini yang bisa berpengaruh positif di masa yang akan datang. Contoh strengths : 1)       Dalam pelajaran dapan menyerap apa yang dijelaskan oleh guru atau dosen. Bila masih terdapat kesulitan, biasanya saya akan mempelajarinya kembali setelah pelajaran selesai dan berlatih mengerjakan soal agar saya benar-benar menguasainya. 2)       Mampu fokus dalam sesuatu hal yang ingin dicapai

SOAL PPH TENTANG OBJEK PAJAK (BENAR SALAH DAN PILIHAN GANDA)

SOAL BENAR SALAH 1.        Penghasilan adalah setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima/ diperoleh WP yang berasal dari dalam negeri yang dapat dipakai untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan dengan nama dalam bentuk apapun. SALAH Penghasilan adalah setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima/ diperoleh WP yang berasal dari dalam negeri yang dapat dipakai untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan dengan nama dalam bentuk apapun. Penghasilan tidak hanya yang berasal dari dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri 2.        Harta hibah yang diterima keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat dikenai PPh Final. SALAH Harta hibah yang diterima keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus satu derajat tidak termasuk objek pajak penghasilan, jadi tidak dikenakan pajak. 3.       Iuran pensiun dibayar pemberi kerja termasuk bukan objek pajak. BENAR 4.       Bagi badan yang memiliki kepemilikan saham paling rendah

CIVIL LAW : PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, SUMBER HUKUM, NEGARA YANG MENERAPKAN

CIVIL LAW (HUKUM SIPIL) a.         Pengertian civil law Hukum sipil adalah sistem hukum yang diilhami dari hukum Romawi dengan ciri ditulis dalam suatu kumpulan, di kodifikasi , dan tidak dibuat oleh hakim. [1] Secara konseptual, sistem ini merupakan sekumpulan gagasan dan sistem hukum yang berasal dari Codex Yustinianus , namun juga banyak dipengaruhi oleh hukum Jermanik Awal , gereja , feudal, praktik lokal, [2] serta kecenderungan doktrinal seperti hukum kodrat , kodifikasi , dan positivisme hukum . Hukum sipil bersifat abstrak. Asas-asas umum dirumuskan, dan perbedaan antara hukum substantif dengan prosedural ditekankan. [3] Dalam sistem ini legislasi dipandang sebagai sumber hukum utama, dan sistem pengadilannya biasanya tidak terikat dengan pendahulu ( stare decisis ) dan terdiri dari petugas-petugas yudisial terlatih dengan kekuasaan penafsiran hukum yang terbatas. Prinsip hukum sipil adalah menyediakan kumpulan hukum yang tertulis dan dapat diakses kepada